IBADAH


Ibadah merupakan  perbuatan yang membawa kebaikan..
Bila kita mendengar kata ibadah maka yang ada dalam bayangan  kita adalah masjid, sholat, dzikir, membaca al Qur'an, dan haji.
Apa itu ibadah,,,,,,?
Ibadah adalah seluruh perbuatan dhohir atau perbuatan batin yang di cintai Allah, yang di sukai Allah, yang di ridloi oleh Allah.
Dan itu banyak sekali yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari hari yang kadang tidak kita sadari, misalnya senyum adalah ibadah, tidur untuk menyehatkan badan adalah ibadah, setiap tulisan ilmu adalah ibadah, masuk kamar mandi dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan adalah ibadah, melangkahkan kaki mencari nafkah adalah ibadah.

bekerja juga ibadahMeminggirkan batu di tengah jalan adalah ibadah, mengucap salam ibadah. bahkan baca bismillah termasuk ibadah.
Itulah wujud maha pengasih, maha  penyayangnya Allah pada kita makhluk ciptaannya.

Allah membagi ibadah menjadi 2 bagian yaitu ibadah wajib dan ibadah sunnah.
Yang dikatakan ibadah wajib adalah ibadah yang tidak ada absen kecuali ada udzur.dan apabila kita absen tanpa udzur maka Allah akan murka.
Dalam ibadah wajib sebenarnya tugas tugas kita hanya sangat sedikit sekali yaitu ;
1. Syahadat.
kita mengucapkan syahadat, cukup satu kali seumur hidup dan itu bisa dilakukan hanya membutuhkan waktu beberapa detik.
2. sholat
kita mengerjakan sholat ( berkomunikasi langsung dengan Allah sesuai yang dicontohkan oleh rosullullah ) ini membutuhkan waktu hanya hitungan menit dan dilakukan hanya 5 kali dalam sehari.
3. Zakat.
Ini hanya diperintahkan pada kita yang di titipi harta yang cukup oleh Allah.
Adapun kadar yang harus kita keluarkan juga tidak banyak hanya 2,5% dari harta yang ada sedangkan sisanya yang masih 97,5% bebas kita pergunakan, dan itu hanya dilakukan 1 kali setiap tahun.
4. Puasa Ramadhan.
Dalam hitungan hari dalam 1 tahun kurang lebih 365 hari, dan Allah hanya minta 30 hari saja pada kita untuk menahan lapar dari terbit matahari hingga terbenamnya.
5. Haji
Kegiatan ini hanya diperintahkan pada kita yang diberi kemampuan saja, untuk melaksanakan haji hanya membutuhkan waktu 6 hari yaitu tgl 8 sampai 13 di bulan haji, dan itu cukup dilakukan 1 kali seumur hidup.

Saudaraku itulah ibadah wajib, dan tugas- tugas kita yang wajib ini sungguh sangat sedikit sekali namun sedikit pula yang melaksanakannya.
Sehingga sedikit pula yang pantas untuk masuk ke surganya Allah.

Adapun yang ibadah sunnah, kita dianjurkan mengerjakan semampunya saja, namun bila kita dapat melaksanakan ibadah sunnah maka akan mengantarkan kita dekat dengan Allah dan menjadikan kita dapat menggapai cintai Allah.
Sehinga dengan pertolongan Allah kita dapat melaksanakan beberapa amalan ibadah sunnah dengan ringan sebagai bekal di kehidupan kemudian.
Disitulah letak kasih cinta Allah Swt yang luar biasa.
Bila seorang hamba mengerjakan yang wajib dan tidak melakukan yang haram dalam hidupnya, itu sudah bisa mendapatkan tiket ke surga,,,,, subhanallah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »